Sunday, November 4, 2012

DERMATITIS KONTAK ALERGI


Masalah alergi pada kulit organ intim dapat disebabkan oleh dua hal, yakni:
  • Alergi kontak (dermatitis kontak alergi) dan
  • Alergi obat makan (fixed exantema)
Masalah alergi merupakan keadaan yang dialami oleh orang tertentu yang kebetulan mempunyai bakat alergi. Misalnya, mempunyai riwayat alergi terhadap logam, debu, zat warna, dan zat pengawet. 
Pada pemakaian pertama tidak ditemukan reaksi gatal, tetapi setelah pemakaian berulang-ulang, terjadi reaksi penolakan berupa gatal dan kemerahan pada tempat kontak tersebut. Hal ini dinamakan dermatitis kontak
Beberapa orang ditemukan mengalami alergi kontak terhadap pemakaian pembalut wanita baik yang tebal maupun tipis. Reaksi gatal terutama dirasakan setelah haid saat kontak dengan pembalut tersebut. Lokasi kelainannya khas karena tepat pada daerah kontak.

Pria dapat pula mengalami gatal pada kulit scrotum (buah zakar) akibat celana dalam ketat yang dicuci dengan sabun deterjen pekat dan tidak cukup terbilas air. Keringat dan sisa deterjen pada celana dalam dapat menimbulkan reaksi alergi di kulit scrotum.

Masalah alergi akan menjadi menahun bila penyebabnya tidak diketahui. Berbagai krim obat anti alergi yang dioleskan hanya mengurangi gejala gatal hingga akhimya tidak mempan lagi. Berbagai sabun antiseptik yang dipakai akibat ketakutan akan infeksi jamur justru dapat memperparah proses peradangan.
Semua hal ini sebenamya dapat diatasi secara bijaksana, yakni dengan menghindari kontak langsung dengan zat penyebab alerginya. Bagi para wanita, silakan ganti merek atau jenis pembalut wanita. Bagi para pria yang sering gatal pada kulit buah zakamya, silakan ganti merek deterjen pencuci pakaian dalamnya. Gampang bukan? Namun jangan lupa, saat gatal menyerang hindari menggaruk “anu’ Anda. Cukup kompres dengan air es, pasti lebih nyaman.

Sumber
Menjaga Organ Intim (Penyakit & Penanggulangannya) Oleh dr. Maria Dwikarya, DSKK

No comments:

Post a Comment