Friday, October 4, 2013

PENYAKIT MAAG DAN TIP UNTUK MENGATASINYA

Penyakit maag adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung, dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan.

Adapun Ciri - Ciri Gejala Penyakit Maag :
·        Sakit saat buang air besar
·        Mual dan muntah
·        Sering merasa lapar
·        Perut kembung
·        Nyeri yang luar biasa


Adapun Penyebab penyakit maag yaitu:
  • Terlambat makan sehingga asam yang dihasilkan lambung mengikis dinding lambung dan akhirnya timbullah penyakit maag ini, 
  • Terlalu banyak meminum kopi atau alkohol,
  • Terlalu Stress 
  • Adanya Infeksi bakteri Helicobacter pylori sebagai penyebab maag kronis.


Berikut ini merupakan Tips Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Maag :
  • ·         Hilangkan kebiasaan menunda waktu makan, jika anda sering menunda-nunda waktu makan maka bisa mengakibatkan produksi asam lambung meningkat sehingga akan menimbulkan gangguan pada Lambung
  • ·         Kurangi mengonsumsi jenis makanan yang asam dan pedas karena dapat memicu asam lambung.
  • ·         Jika anda sedang terkena penyakit maag, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan karena akan membuat perut menjadi tambah sakit.
  • ·         Terkadang pekerjaan atau aktivitas yang padat seringkali membuat anda terlambat makan, agar maag tidak kambuh sebaiknya membawa bekal makanan dari rumah
  • ·         Hindari Stress

Dan bila penyakit maag anda semakin parah,lebih baiknya periksalah kesehatan anda ke dokter.

Ada dua macam pengobatan dalam mengatasi sakit maag :
Dengan cara pengobatan medis ataupun 
Dengan pengobatan tradisional

Kedua cara mengatasi sakit maag tersebut tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Sebab setiap pengobatan ada efek dan keunggulan masing-masing dan jika disatukan, bukan kesembuhan yang didapat, melainkan bisa bertambah parah.

Gejala  penyakit maag biasanya berupa : 
  • Rasa perih di lambung meskipun baru saja makan dan makanannya pun tidak pedas atau asam. Kalau rasa perih yang agak berlebihan hanya terjadi sebelum makan, tetapi mereda sehabis makan, biasanya hal itu hanya akibat produksi asam lambung yang berlebihan.
  • Gejala lain dari sakit maag adalah perut terasa kembung yang membuat perut terasa penuh padahal belum diisi makanan.

Sebelum mengetahui tips mengatasi sakit maag, perlu diketahui pula bahwa penyebab sakit maag biasanya karena bakteri yang bernama Helicobaeter pylori. Hubungan saintifik antara sakit maag dengan bakteri telah diungkapkan sejak 1983, dan CDC sudah sejak 1994 mengumumkan bakteri Helicobaeter pylori menjadi penyebab sakit maag, tetapi masih banyak dokter mengobati pasien sakit maag dengan pemblok asam dan obat lain yang hanya menghilangkan gejala, bukannya penyebab utamanya.

Di bawah ini ada beberapa tips mengatasi sakit maag sekaligus mencegah sakit maag datang menghampiri, antara lain:
1.     Makan teratur, ini adalah cara paling ampuh karena penyakit maag biasanya dikibatkan karena pola makan yang tak teratur maka Anda harus mengatur pola makan yang pertama kali untuk mengatasi penyakit maag.
2.    Hindari Minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, minuman bersoda, alkohol ataupun makanan yang mengandung cuka berlebih.
3.   Makan makanan yang mudah dicerna, ini berguna untuk meringankan kerja lambung apalagi jika sedang terkena maag. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, sepert jelly, rumput laut dan sayur-sayuran. Serta jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bersifat lunak, seperti pepaya.
4.      Tidur teratur, tak hanya pola makan yang harus Anda atur tapi juga pola tidur Anda juga harus Anda atur karena pola tidur juga salah satu penyebab sakit lambung. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.
5.    Hindari stres, stres juga bisa menyebabkan penyakit maag, jadi Anda harus bisa menghindari stres tersebut. Sebagian peneliti menyebutkan bahwa stres termasuk salah satu penyebab segala jenis penyakit.  Karena itu hindari stres agar tidak mudah terserang penyakit.

Di bulan puasa, pengidap sakit maag yang tidak disertai luka lambung, dan terutama yang sangat berkaitan dengan stres, boleh berpuasa. Banyak pengidap sakit maag yang justru tidak mendapat serangan perih ketika berpuasa di bulan puasa, mungkin karena situasi emosional saat itu memberi dampak positif terhadap ketahanan batinnya dalam menghadapi stres.
Demikian tips mengatasi sakit maag yang perlu diketahui. Lakukan cara pencegahannya agar kita bisa terus sehat.

Dari berbagai sumber


1 comment:

  1. Singkong mah enaknya digoreng trus kasih keju, kalau buat maag saya sih biasa hindari dulu penyebab maag nya dan langsung minum fitaliv

    ReplyDelete