Tuesday, January 22, 2013

CARA MUDAH MENGECILKAN PORI-PORI KULIT


Anda pasti terganggu jika memiliki pori-pori kulit yang besar. Wajah jadi terlihat kasar dan kusam. Hmm... ada enggak ya, cara mudah untuk mengecilkan pori-pori ini agar kulit wajah terlihat mulus? Simak yang berikut.

1. Pilih kosmetik berkolagen
Jika Anda menginginkan pori-pori yang kecil, maka Anda harus mencari produk kosmetik yang tepat. Pilih kosmetik yang mengandung kolagen, karena kandungan bahan aktif ini bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit. Kolagen juga menjaga kulit lentur dan menghindarkan kulit dari kerutan dan peregangan kulit. Kulit yang meregang akan membuat pori-pori jadi semakin besar.

2. Gunakan vitamin C
Vitamin C akan membantu meningkatkan produksi elastin dan kolagen dalam kulit. Vitamin C akan meningkatkan produksi kedua senyawa ini. Gunakan saja produk kecantikan yang mengandung vitamin C, atau konsumsi lebih banyak bahan makanan yang mengandung vitamin C.

3. Hilangkan kulit mati
Kulit mati tak hanya membuat kulit terlihat lebih kusam, tapi juga bisa berpengaruh pada pembesaran pori-pori kulit. Kulit mati akan menumpuk dalam pori-pori dan lama-lama berubah jadi komedo. Untuk mengatasinya, basuh wajah Anda setiap hari dengan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Gunakan pembersih wajah yang mengandung Alpha Hydroxy, Phytic, dan Clycolic Acids. Namun, jangan gunakan secara berlebihan, karena justru akan membuat kulit Anda merah dan iritasi. 

4. Hilangkan kelebihan minyak
Kelebihan minyak wajah ternyata tak hanya mengganggu penampila,n tapi juga memperbesar pori-pori wajah. Kelebihan minyak ini bisa dihasilkan dari pemilihan kosmetik yang salah. Karena kulit Anda sudah menghasilkan minyak alaminya sendiri, maka Anda harus berhati-hati dengan kosmetik yang mengandung minyak. Kenali tipe kulit Anda dan jangan memilih kosmetik yang berminyak. 

5. Uapkan

Anda tak perlu pergi ke spa untuk mengecilkan pori-pori. Perawatan uap sangatlah berguna untuk memperkecil pori, dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda hanya membutuhkan air panas, air jeruk lemon, es batu, dan handuk. Isilah mangkuk besar dengan air panas dan tempatkan wajah di atasnya sampai uapnya mengenai wajah. Lakukan selama 3-5 menit. Setelah itu, tuang air jeruk lemon pada handuk dan oleskan ke seluruh wajah. Bilas dengan air biasa kemudian gosokkan es batu ke seluruh bagian kulit wajah. 

Khusus pada bagian kulit yang punya pori-pori terbesar, gosokkan es batu lebih lama. Lakukan ini selama setengah menit atau lebih. Gabungan air panas, air dingin, dan air lemon akan membantu Anda membersihkan wajah dan mengecilkan pori-pori dalam waktu singkat.

Sumber: AllWomens Talk

No comments:

Post a Comment