Sabtu, 05 Januari 2013

Manfaat dan Efek Samping Asam Amino Taurin Dalam Minuman Berenergi dan Suplemen


Ketika beberapa orang merasa kelelahan atau membutuhkan energi tambahan, mereka biasanya akan menenggak minuman berenergi untuk menghidupkan kembali stamina yang hilang. Beberapa jenis minuman energi umumnya mengandung taurin, bahan yang sering diteliti terkait asal-usulnya dan pengaruhnya terhadap risiko kesehatan.
Tetapi apa sebenarnya taurin itu? Apakah senyawa ini cukup aman dikonsumsi pada minuman berenergi dan suplemen? Untuk mengetahuinya lebih dalam, berikut ini adalah ulasan mengenai seluk beluk taurin, beserta manfaat serta efek sampingnya, seperti dikutip Symptompfind:
Apa itu Taurin?
Taurin adalah asam amino, tetapi bukan asam amino esensial yang perlu didapatkan dari makanan. Taurin sebenarnya disebut sebagai asam amino kondisional, yang berarti bahwa diproduksi oleh tubuh dan sebagian besar ditemukan dalam jantung dan otak.
Selama ini, kepercayaan populer menyebutkan bahwa taurin berasal dari testis banteng. Padahal, zat ini tidak berasal dari testis banteng meskipun dapat ditemukan dalam empedu banteng serta pada sapi betina. Taurin juga biasa ditemukan dalam sumber makanan seperti daging dan ikan, tetapi sering dibuat secara sintetis untuk produk komersial seperti minuman energi dan suplemen.
Asam amino ini seringkali ditambahkan ke produk-produk minuman karena banyak yang percaya dapat meningkatkan kinerja saat melakukan aktivitas fisik. Taurin juga biasa diresepkan untuk orang yang menderita kondisi seperti :
* Tekanan darah tinggi
* Gagal jantung kongestif
* ADHD
* Penyakit hati
* Tinggi kolesterol
* Cystic fibrosis
* Kondisi mata progresif
Risiko dan efek samping
Minuman energi tidak dianjurkan untuk wanita hamil, anak-anak dan mereka yang sensitif terhadap kafein. Tapi apa sebenarnya efek samping dari taurin? Apakah mereka benar-benar menyebabkan masalah kesehatan atau hanya sekedar mitos?
* Taurin dapat mengganggu memori jangka pendek : Efek samping ini sebenarnya adalah sebuah mitos. Sebuah studi yang di mana melibatkan sejumlah mahasiswa menunjukkan bahwa taurin yang di kombinasi dengan kafein, tidak menghasilkan efek pada memori dalam jangka pendek.
* Taurin dapat mempengaruhi denyut jantung : Ini bukan mitos melainkan sebuah fakta. Dalam sebuah riset yang sama, peneliti menemukan bahwa detak jantung siswa menurun, sementara tekanan darah arteri mereka meningkat setelah menelan taurin. Beberapa peneliti menyarankan bahwa kafein mungkin telah memainkan peran dalam memicu reaksi ini.
Pengaruh kedua taurin dan kafein masih perlu diteliti secara mendalam, tetapi banyak orang menduga bahwa kombinasi dari dua dapat menghasilkan efek samping yang berbahaya.
Salah satu kombinasi yang sudah terbukti berbahaya adalah campuran minuman energi dan alkohol. Kombinasi dari stimulan dan depresan dapat menyebabkan masalah jantung seperti detak jantung yang abnormal. Kombinasi ini juga dapat menyebabkan dehidrasi karena keduanya bertindak sebagai diuretik.
Manfaat
Meskipun telah ada banyak spekulasi tentang risiko dan efek samping dari taurin, belum banyak penelitian yang berbicara tentang manfaat taurin. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari Taurin:
* Taurin memiliki sifat antioksidan – Taurin bertindak seperti antioksidan untuk melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.
* Taurin dapat meningkatkan kinerja para atletik – Sebuah studi para peneliti dari Austria menunjukkan bahwa taurin dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk mengangkut oksigen dan pada gilirannya, meningkatkan aktifitas fisik tanpa merasa kelelahan.
* Taurin dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan jantung – Taurin dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit arteri koroner dan bahkan dapat mencegah aterosklerosis, yang merupakan penumpukan plak di sepanjang arteri. Taurin juga dapat mengurangi efek hipertensi, atau tekanan darah tinggi, dan dapat meningkatkan kapasitas latihan dari mereka yang mengalami gagal jantung kongestif.
* Taurin juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes – Penelitian menunjukkan bahwa tingkat lebih rendah dari taurin dalam tubuh dapat berkontribusi pada perkembangan diabetes. Bahkan suplemen taurin dapat mengurangi risiko hiperglikemia dan resistensi insulin.
Beberapa studi menunjukkan, taurin juga mungkin memiliki dampak positif pada kinerja mental. Dalam kajiannya para peneliti mengindikasikan bahwa taurin dapat memperbaiki memori dan bahkan meningkatkan mood Anda, tetapi efek ini perlu diteliti lebih lanjut.
Perlu Diingat
Meskipun sudah ada banyak pembicaraan tentang taurin dan banyak mitos yang tidak benar. Walau bagaimana pun, taurin aman dikonsumsi dan dapat meningkatkan kesehatan orang dengan masalah jantung dan kondisi medis lainnya.
Mereka yang gemar mengonsumsi minuman energi dengan taurin harus menyadari bahwa taurin yang terkandung di dalam minuman energi mungkin bersifat sintetis (buatan) dan tidak menawarkan semua manfaat dari taurin yang umumnya ditemukan dalam sumber makanan atau dalam tubuh manusia.
Minuman energi juga sarat dengan kafein dan gula, yang tidak bermanfaat bagi kesehatan Anda. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi minuman energi, minumlah dengan porsi moderat. Moderasi adalah kunci untuk mengonsumsi suplemen taurin. Jangka pendek penggunaan suplemen taurin tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya. Tetapi perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek konsumsi taurin pada jangka panjang.
Taurin bukanlah zat yang beracun. Kelebihan taurin dalam tubuh biasanya akan dikeluarkan melalui ginjal. Jadi, apabila Anda mengonsumsi 1-4 gram taurin per hari, atau bahkan mingguan, dapat memberi Anda manfaat yang besar tanpa efek samping berbahaya.
(Sumber: Informasi Tentang Dunia Teknologi Terkini)
  

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda